Rabu, 29 Agustus 2012

Ujung Genteng

Sehubungan dengan masa libur Lebaran plus cuti bersama yang lumayan panjang kami berencana ingin ber Bagpacker ke daerah Sukabumi, tepatnya Ujung Genteng sekedar untuk merefresh pikiran setelah berkutat dengan berbagai rutinitas.

Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat, terletak ±200 Km dari kota Jakarta. Ujung Genteng masuk wilayah pemerintahan Kabupaten Sukabumi. Sebagian besar penduduknya adalah Nelayan & Petani, ada juga yang beralih menjadi penyadap Nira dan dijadikan gula kelapa.

Berikut adalah sedikit pengalaman perjalanan yang saya lakukan berdua dengan Ovi, mudah-mudahan menjadi bahan referensi bagi teman-teman sekalian yang ingin melakukan liburan atau Backpacker bersama teman atau keluarga.

Perjalanan dimulai pada hari Jum'at Tgl 24 Agustus 2012 Rute yang Kami tempuh menuju Ujung Genteng, titik start kami berawal dari kampus Bsi Senen berangkat dari sana jam 05.00 menuju stasiun Manggarai menggunakan anggkutan metromini dengan tarif @Rp 2000,- sampai di stasiun saya langsung membeli tiket untuk keberangkatan kereta Jam 06.00 seharga @Rp 2500,- untuk kereta kelas ekonomi dengan waktu tempuh +/- 1 jam 30 menit yang harga tiketnya terbilang murah meriah...hehehe

Sampai stasiun Bogor -/+ jam 7.20 kemudian perjalanan dilanjutkan menuju terminal Bus BaranangSiang Bogor dengan menggunakan Angkot 03 dengan ongkos @Rp 3000,- sampai di terminal kami mencari makanan untuk sarapan sebelum melanjutkan perjalanan panjang menggunakan mini bus ( MGI ) dengan tarif @Rp 50,000,- ( harga lebaran ) menuju Jampang Surade Sukabumi dengan lama perjalanan sekitar 7 - 8 jam, start dari terminal Bogor jam 10.10 di karenakan akan kami tumpangi masih menunggu penumpang yang lain dan bus penuh, sekedar info untuk anggkutan menuju Surade bisa di bilang jarang karena untuk penumpang yang ke arah sana sedikit jadi terpaksa harus menunggu. Bus terakhir berangkat dari terminal Bogor jam 16.00. untuk alternatifnya Bogor - Sukabumi - Surade.

Setelah 7 jam perjalanan menyusuri perbukitan tanjakan, turunan serta tikungan-tikungan tajam dan pemandangan yang eksotik akhirnya kami sampai Surade jam 16.00 dengan kondisi jalan yang lumayan bagus. di karenakan sudah sore dan tidak anggkutan yang menuju ke daerah sana kami terpaksa men charter angkot, Kemudian perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan angkot merah dengan tarif Rp 40,000,- ( charter ) dengan waktu tempuh -/+ 1 jam perjalanan.

Tiba di Pantai Ujung genteng kami mendapati view yang kurang menarik banyak sampah berserakan dan para pedagang yang tidak beraturan, kemudian kami  melanjutkan perjalanan dengan menyusuri bibir pantai, sekitar 20 menit berjalan kaki kami sampai di pantai Cibuaya di sini pemandangan dengan view Sunset serta terdapat spot untuk surving bagi mereka yang Hobi di karenakan ombaknya yang cukup besar.

Di daerah sekitar Ujung genteng dan Cibuaya banyak penginapan di sekitar pantainya untuk tempat bermalam Anda. Harganya pun berkisar antara Rp 100.000-400.000, kami bermalam di pinggir Pantai Cibuaya dengan menggunakan tenda dump ( untuk menghemat budget..hehehe )

Hari sabtu Tgl 25 Agustus 2012 kami melanjutan perjalanan dari pantai Cibuaya menuju pantai pangumbahan dengan waktu tempuh -/+ 30 menit dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai yang sangat eksotik serta pasir pantai yang sangat lembut. sampai Pantai Pangumbahan kami mendapati pemandangan pantai yang sangat menakjukan, serta hamparan pasir yang sangat luas dan deburan ombak yang sangat besar. Seruuuu bgt ( Mantap deh )....

Di Pantai Pangumbahan selain pantainya bagus di sini juga tempat favorit bertelur para penyu disana terdapat tempat penetasan telur penyu tempat karantina penyu serta area pelepasan tukik ( telur yang baru menetas ) lokasi tersebut sudah di kelola oleh pemerintah guna menjaga kelangsungan hidup serta kelestarian penyu agar tidak punah dan menjaga ekosistem laut ( pokoknya top bgt deehh....)

Hari Minggu 26 Agustus 2012 kami bersiap kembali ke jakarta di karenakan rutinitas yang sudah menunggu, perjalanan di mulai jam 8.25 pagi dari Ujung Genteng menuju terminal bus Surade dengan menggunakan angkot merah dengan tarif @Rp 10,000,- / org, sampai di Surade jam 9.20 sebelum melanjutkan perjalanan kembali kami mencari warung nasi untuk sarapan, setelah selesai sarapan kami menunggu angkutan menuju ke terminal Lembur situ Sukabumi, di karenakan untuk anggkutan yang langsung ke Bogor sudah berangkat pagi dan kemungkinan ada lagi baru sekitar jam 14.00 , untuk angkutan dari Bogor dan menuju Bogor masih terbilang jarang, sedangkan jika ke arah Sukabumi hampir tiap jam lewat.
Jam 11.00 kami memulai perjalanan menuju Sukabumi, dengan menggunakan ELF dengan tarif @Rp 35,000,- / org ( harga lebaran, tarif normal Rp 30,000 ) dengan waktu tempuh -/+ 3 jam perjalanan dengan trek yang sangat menantang melintasi perbukitan-perbukitan dan perkebunan serta tikungan-tikungan tajam, tanjakan-tanjakan curam dan turunan tajam namun semua terobati dengan di temani pemandangan yang sangat mempesona, membuat kami ingin kembali lagi...hehehehe.

Setelah melakukan perjalanan yang sangat melelahkan tibalah kami di terminal Lembur situ Sukabumi jam 14.00 dari sini kita melanjutkan dengan menggunakan angkot menuju terminal Degung Sukabumi dengan waktu tempuh -/+ 20 menit dengan tarif @Rp 5,000,- / org, sampai di terminal Degung jam 14.25 kemudian di lanjut menuju terminal Baranang siang Bogor dengan menggunakan kendaraan L300 dengan waktu tempuh -/+ 3 jam perjalanan dengan tarif @Rp 15,000,- / org ( tarif normal Rp 11,000 )

Akhirnya setelah hampir 3 jam perjalanan sampai di terminal Baranang siang Bogor jam 17.25 tanpa basa basi kami melanjutkan menuju stasiun bogor dengan menggunakan angkot dengan tarif @Rp 3,000,- / org dengan waktu tempuh -/+ 20 menit, sampai di stasiun 17.45 di sini kami istirahat sejenak makan, untuk mengisi energi yang sudah terkuras habis di perjalanan, jam 18.30 kami melanjutkan lagi perjalanan pulang menuju stasiun Cikini Jakarta dengan menggunakan kereta dengan tarif @Rp 7,000,- ( comuter line ) dengan waktu tempuh -/+ 1 jam, tiba di stasiun Cikini jam 19.40 dengan semangat yang tersisa kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Metromini dengan tarif @Rp 2,000,- dengan waktu tempuh -/+ 20 menit.

Sungguh suatu perjalanan yang sangat melelahkan dengan hasil yang tidak mengecewakan dan sangat memuaskan, akhirnya pada jam 20.00 kami tiba di titik awal kami Senen.

Semoga pengalaman perjalanan kami dapat menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin mengisi liburan atau Backpacker khususnya untuk daerah Ujung genteng, Pokoknya Mantap lah..
Terima kasih untuk waktunya untuk meluangkan waktu sejenak untuk membaca coretan-coretan saya, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan kurang berkenan, saya harapkan masukannya....

See you in the Next trip..